Kamis, 31 Maret 2011

Sukses Hadapi UAN

Tinggal menghitung hari, waktu yang dinantikan oleh seluruh pelajar di Indonesia sudah di depan mata. Hari yang menegangkan sekaligus dinantikan semua pelajar. Banyak persiapan yang telah dilakukan oleh apar pelajar untuk mempersiapkan hari tersebut. Diantaranya dengan mengikuti bimbel di luar jam sekolah, memanggil guru privat, atau mengikuti bimbingan belajar yang diadaka sekolah masing - masing. Peran orang tua juga tidak kalah pentingnya untuk membantu serta mendukung putra putrinya dalam mempersiapkan UAN. Seperti memberikan dukungan dan motivasi.
Berikut ini beberapa hal dari saya  yang harus kita lakukan sebagai persiapan dalam menghadapi UAN. SEmoga dapat bermanfaat.

I. Beberapa hal yang harus dilakukan sebelum menghadapi UAN
01. Mendekatkan diri ada Allah dan mengikhlaskan niat, insya allah, Allah akan membukakan pintu pemahaman saat kita sedang belajar.


02. Bersikap baik, seperti sabar, rajin, bersungguh - sungguh serta berjuang. Hal ini merupakan motivasi untuk memahami dan hafl materi.

03. Memperbaiki hubungan antara teman dan guru dalam rangka memperkuat cinta, prsaudaraan, kerjasama dan solidaritas.

04. Membuat agenda atau jadual belajar serta pandai mengatur waktu. Hal ini dapat membantu kita untuk belajar secara produktif.

05. Rajin belajar dan memperbanyak latihan soal - soal UAN tahun sebelumnya, serta memanfaatkan internet untuk menambah pengetahuan.

06. Luangkan waktu untuk refresing dan menjaga kesehatan.
 
07. Bersamalah denga norang - orang yang dekat dengan Allah, karena dapat membantumu untuk taqwa dan dekat kepada Allah.

08. Kurangi rasa pesimis dan takut pada ujian, kobarkan semangat, dekatkan diri pada Allah, memperbanyak dzikir dan berdoa.

09. Yang sangat penting adalah yakin pada diri sendiri dan jangan membiasakan menyontek, karena dapat mengurangi rasa percaya diri.

II. Beberapa hal yang harus dilakukan ketika menghadapi UAN
01. Malam menjelang ujian
- Mengingat kembali materi yang akan diulangkan besok dengan tenang, dengan berkonsentrasi pada hal - hal yang penting/pokok dari setiap materi, serta mengamati karakter soal - soal ujian pada tahun sebelumnya.
- Jangan bergadang dengan alasan apapun, usahakan tidur lebih awal.

02. Pagi menjelang ujian
- Bangunlah sebelum waktu fajar, laksanakan sholat Tahajjud dan dilanjutkan dengan sholat Subuh.
- Mengulang denga cepat dan tenang mateeri yang akan diulangkan, dimana materi tersebut belum sempat dibaca sebelumnya.
- Sebelum berangkat, usahakan melaksanakan sholat Duha 2 raka'at.
- Sebelum keluar rumah, membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas masing - masing 3 kali dan dilanjutkan membaca doa keluar rumah, serta melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu.
- Dalam perjalanan menuju sekolah, selalu berdzikir kepada Allah dan meminta perlindungan dari setan hingga sampai ke tempat tujuan.

03. Ketika menghadapi ujian
- Masuk ke ruang ujian dengan melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu sambil membaca doa agar dipermudah urusannya oleh Allah,
"Ya, Tuhanku, masukkanlah aku pada jalan yang benar dan keluarkanlah aku pula pada jalan keluar yang benar serta jadikanlah untukku dari sisi-MU posisi kemenangan. Ya Allah, aku mohon diberi anugrah-Mu yang agung."

- Menerima dan mengambil lembar jawaban dan lembar soal dengan menggunakan tangan kanan, memulai dengan membaca basmallah, dan mengisi biodata denga benar dan tenang. Kemudian dilanjutkan menjawab soal dan menyebut nama Allah sebagai berikut :
"Dengan menyebut namaMmu ya Allah, aku bertawakal pada-MU. Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah urusanku dan lepaskanlah kekakuan dari llidahku agar mereka menegerti perkataanku."

- Menjawab soal yang mudah dulu, kemudian soal yang agak sulit, barulah kemudian yang sulit dengan sangat tenang dengan membagi waktu untuk masing - masing soal.

- Jauhilah menyontek atau membantu teman lain untuk menyontek, karena dapat menghapus keberkahan dan menyebabkan kegagalan.

- Jika mendapat kesulitan dalam menjawab soal, berlindunglah kepada Allah dari odaan setan dan berdoalah :
" YA Allah, tiada kemudahan kecuali sesuatu yang Engkau jadikan mudah dan Engkau jadikan kesedihan itu sebagai hal yang mudah jika Engkau berkehendak."

- Jika lupa sesuatu yang telah dipelajari, maka tenanglah dan hendaklah berdoa, dengan mengucapkan :
"Ya Allah, ingatkanlah aku apa yang aku lupa."

- Setelah selesai menjawab semua soal ujian, periksa kembali dengan sangat teliti, Kemudian memuji Allah Yang Maha Mulia dan Maha Agung dengan mengucapkan :
" Segala puji bagi Allah dengan nikmat-Nya sempurnalah kebaikan - kebaikan."

- Selanjutnya pulanglah kerumah dengan tenag dan tertib, jangan banyak bicara dan berserah diri kepada Allah atas ujian yang telah dilakukan dan jangan lupa sampai rumah berdoa kepada Allah agar ujian yang ttelah dilakukan dapat berhasil.

1 komentar: